Jumat, 12 Agustus 2011

Hal - hal yang penting u/ diketahui seorang desainer

Hello Lo-GoGreener!

Seperti yang dipaparkan pada judul diatas, ternyata ada hal - hal penting yang harus diketahui oleh desainer entah desainer web, logo, kaos, icon, semua ternyata membutuhkan suatu disiplin dan fokus tersendiri. Mengapa ? ada yang bilang, "Ah, saya sudah puluhan tahun bergelut didunia desain, sekali mengkonsep, itu sudah sangat cukup".  Banyak desainer yang mengaku sudah berpengalaman mengenai dunia desain, tetapi sedikit yang bisa menggunakan desainnya untuk keperluan orang lain

Disini saya berbicara, bagaimana desain kita bisa disukai orang lain, bagaimana desain kita berguna bagi orang lain. Memang cukup sulit, tetapi lebih baik sulit dan kita beranjak memelajarinya lebih awal, daripada tetap menyombongkan diri dengan status pengalaman berpuluh-puluh tahun tetapi memiliki hati pada desainnya sendiri.

Kali ini saya akan membagikan sedikit tips sebelum anda memulai mendesain sebuah karya dan berakhir pada satisfied the client.

1. Pahami dan dengarkan, client kita diluar sana bermacam-macam bentuknya. Hahaha,,maksud saya bermacam-macam karakternya. Ada yang sabar, ada yang keras, ada yang fun, dll. Pahami karakter mereka dan bersikaplah dengan tepat. Tidak lucu apabila misal client kita meminta kita meredesign logo buatan kita berulang-ulang dengan lembut dan sabar, tetapi kita menanggapinya dengan kasar dan tidak sabaran. Mendesain juga memerlukan soft skill tersendiri.

2. Be Professional, Client adalah pelanggan kita istilahnya, jadi jangan sekali-kali mengecewakan mereka meski mereka mengecewakan kita. Waktu disini adalah filter dimana kita bisa dilihat, apakah kita adalah desainer pemula yang belajar professional, atau desainer pemula yang aji mumpung, asal-asalan. Waktu, Kualitas, dan Soft-skill akan berpotensial mempromosikan diri anda secara tidak langsung apabila anda bijak menggunakannya. Sebagai contoh, apabila anda desainer yang tepat waktu dalam menyelesaikan project, ramah dan pekerja keras, dan memberikan kualitas teknik desain yang bagus juga, anda secara tidak langsung akan diingat oleh client dan akan dicari terus.

3. Take the Feedback wisely, Masukan-masukan sangat perlu untuk kita, even masukan yang pedas sekalipun. Jangan anggap itu sebagai hinaan, atau suatu serangan. Justru mereka memperhatikan desain kita, dan berharap kita bisa memperbaharui desain kita kedepannya. Create your Mind, buat pemikiran di otak kalian apabila dikritik, anda sangat diuntungkan. Pertama, anda diperhatikan, dan kedua, anda belajar mengerti orang dengan baik :) Cheers!!

Cukup sekian dari saya. Apabila ada tambahan, just comment!

regards
Lo-GoGreener

Tidak ada komentar:

Posting Komentar